Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dislutkan Kalteng Kerjasama Penegakan Hukum dengan Ditpolairud Polda Kalimantan Tengah

  • Oleh Donny Damara
  • 03 Maret 2021 - 17:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng bekerjasama terkait penegakan aturan dan hukum dengan Direktorat Polairud Polda Kalimantan Tengah.

Kepala Dislutkan Kalteng, Darliansjah mengatakan perjanjian kerja sama tersebut sebagai pedoman dalam rangka menangani tindak pidana perikanan, pembinaan masyarakat, dan pengawasan.

"Serta juga untuk menjamin keseragaman pola tindak dan kepastian hukum dalam penegakan tindak pidana perikanan, pembinaan masyarakat, pengawasan pada bidang kelautan dan perikanan," kata Darlainsjah, Rabu, 3 Maret 2021.

Dia mengungkapkan, adapun ruang lingkup Perjanjian Kerja Sama (PKS) tersebut yakni meliputi pertukaran data dan informasi, pelaksanaan patroli bersama, penegakan hukum dengan melakukan gelar operasi pengawasan bersama, pembinaan bersama kepada pelaku usaha di bidang perikanan agar taat aturan.

Selain itu, ada juga melakukan pembinaan bersama kepada masyarakat dalam bentuk sosialisasi dan pertemuan.

Dia menjelaskan, kerjasama tersebut sangat dibutuhkan kedua belah pihak terutama dalam pengelolaan wilayah Perikanan Republik Indonesia, khususnya perairan Provinsi Kalteng sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014.

UU tersebut berisi tentang kewenangan sampai 12 mil laut yang memiliki potensi kekayaan sumber daya kelautan dan perikanan yang sangat besar. Sehingga perlu dikelola secara optimal, berkelanjutan, lestari dan bertanggung jawab.

"Dalam tindakan preventif patroli bersama, serta proses penanganan tindak pidana perikanan sesuai SOP," pungkasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru