Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

73 Persen Alumni Pelatihan Disnakertrans Terserap di Pasar Kerja

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 03 Oktober 2021 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Alumni peserta yang telah mengikuti program pelatihan kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotawaringin Barat, sudah banyak yang berhasil dan terserap di pasar kerja.

Kepala Disnakertrans Kobar Hepy Kamis mengatakan, Berdasarkan data peserta latihan tahun 2020 sebanyak 108 orang. Sebanyak 73,15 persen telah terserap di dunia kerja. Baik itu pekerja berupah atau karyawan dan pekerja mandiri (Paruh waktu/setengah menganggur).

"Jadi dari 108 orang peserta pelatihan di 2020, sebanyak 17 orang atau 15,74 persen menjadi karyawan, 67 orang atau 57,41 persen pekerja mandiri (Paruh waktu/setengah menganggur)," kata Hepy Kamis saat dikonfirmasi belum lama ini.

Selanjutnya, untuk sisanya yaitu 29 orang atau 26,85 persen, menganggur atau belum bekerja. Sementara itu, untuk data tahun 2021, masih belum ada karena pelatihannya masih berlangsung dilaksanakan.

Disebutkannya, adapun beberapa jenis usaha yang alumni geluti, diantaranya ada yang menjual kue secara ofline yaitu buka toko dan juga ada yang online, menjahit, bengkel dan rumah makan.

"Bahkan ada yang punya toko kelontong, sekalian menjual hasil kreasi olahan makanan," imbuhnya.

Ia mengungkapkan, memang tidak bisa dipungkiri. Jika penyerapan tenaga kerja di tahun 2020 berkurang. Sebab dampak pandemi Covid-19.

"Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada pengangguran dan kalau memperhatikan data BPS Kobar, di tahun 2020 saja angka pengangguran terbuka sudah mencapai 4,75 persen," tuturnya.

Hepy Kamis menambahkan, meski ditengah pandemi Covid-19, pelatihan tetap dilaksanakan guna meningkatkan sumber daya manusia, dalam rangka mengurangi angka pengangguran di Kobar.
"Kita harus terus berbuat dan terus meningkatkan SDM kita. Sebab ditengah pandemi ini, masyarakat harus memiliki kemampuan dan keterampilan untuk beradaptasi dan bersaing di dunia kerja," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru