Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Desa di Gumas Berharap Bisa Wujudkan Ketahanan Pangan Mandiri

  • Oleh Donny Damara
  • 10 Maret 2023 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Kuwu Senilawati mengatakan, ada beberapa desa yang tersebar di 4 kecamatan di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) seperti Rungan Hulu, Manuhing, Kahayan Hulu Utara, dan Damang Batu berharap bisa mewujudkan ketahanan pangan mandiri.

Adapun beberapa desa tersebut yakni Tumbang Malahoi, Jangkit, Luwuk Tukau, Karya Bakti, Samui, Tumbang Korik, Tumbang Takaoi, Tumbai Marikoi, Miri, dan sejumlah desa lain yang ada disekitarnya. Besar harapan masyarakat itu dapat terwujud kedepan.

"Aspirasi ini saya rasa sangat penting, sebab harga jual sejumlah bahan komoditi pangan di desa-desa yang ada itu tergolong cukup mahal. Karena selama ini pasokan pangan didatangkan dari daerah perkotaan," katanya saat dikonfirmasi, Jumat, 10 Maret 2023.

Lanjutnya, mahalnya harga kebutuhan pangan itu dikarenakan alur distribusi yang membutuhkan biaya cukup tinggi. Di mana infrastruktur jalan menuju desa-desa disana mengalami kerusakan parah, sehingga distribusi terpaksa melalui jalur sungai menggunakan perahu ces.

"Jadi wajar jika harga jual kebutuhan pangan disana mahal. Apalagi melalui jalur sungai itu resikonya tinggi, sebab sungai yang dilaluipun relatif sempit ditambah derasnya arus dan bebatuan, tidak sedikit yang mengalami insiden, inilah mengapa masyarakat disana ingin membangun ketahanan pangan mandiri," jelasnya.

Aspirasi itu harus dapat diwujudkan oleh pemerintah dengan mendukung keinginan besar masyarakat tersebut, agar dapat mengurangi ketergantungan terhadap pasokan pangan dari luar desa dan harga jual kebutuhan pangan pun bisa relatif lebih murah sebab dan dapat dijangkau masyarakat setempat.

"Untuk menwujudkan ketahanan pangan mandiri tentu masyarakat berharap bantuan dari pemerintah baik itu bibit pangan, pupuk, alsintan, dan lain-lain. Tentu aspirasi ini juga akan kita perjuangkan dan sampaikan kepada pemerintah dalam hal ini Provinsi Kalteng maupun Kabupaten Gumas supaya bisa segera ditindak lanjuti," imbuhnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru