Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Kobar Anang Dirjo Ajak Kades Dukung Kemandirian Pangan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 April 2023 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), terus berupaya meningkatkan kemandirian pangan di wilayahnya. Pihaknya juga mengajak seluruh kepala desa untuk memanfaatkan dana desa dalam mendukung program tersebut.

"Saya sudah menginstruksikan kepada kepala satuan organisasi perangkat daerah, termasuk camat, lurah, kepala desa dan lainnya untuk melakukan gerakan gemar bertanam dengan memanfaatkan lahan pekarangan," ujar Pj Bupati Kobar Anang Dirjo belum lama ini.

Dia menuturkan, gerakan gemar bertanam di instansi masing-masing ini bisa dengan memanfaatkan lahan pekarangan, atau lahan tidur di wilayahnya masing - masing.

"Lahan kosong di desa-desa, di lingkungan sekolah supaya ditanami tanaman yang cepat panen seperti bawang merah dan cabai, lalu sayuran seperti tomat, cabai, terong, bayam, dan lainnya," ungkapnya.


Dijelaskan Anang Dirjo, potensi lahan di wilayah Kotawaringin Barat yang belum tergarap masih cukup luas. Maka dengan itu tentunya peluang yang cukup besar untuk mencukupi ketersediaan pangan di daerah setempat.

"Untuk itu, perlu adanya terobosan dan inovasi kita bisa memanfaatkan yang tersedia bisa dimaksimalkan dan mampu mengantisipasi ancaman krisis pangan di Kotawaringin Barat," katanya.

Dikatakan Anang, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan, menjelaskan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama sehingga pemenuhan pangan merupakan bagian dari hak asasi setiap warga negara.

"Maka dengan itu, membangun ketahanan pangan merupakan satu dari prioritas pembangunan nasional," ucap Anang Dirjo.

Melalui gerakan gemar bertanam, Anang Dirjo berharap bisa menjadi solusi dalam mengatasi tingginya harga dan kelangkaan pangan di pasaran,  terutama cabai dan bawang merah.

"Saya berharap masyarakat bisa menanamkan semangat untuk bercocok tanam," harap Pj Bupati.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat terus berupaya meningkatkan produksi cabai rawit dengan menambah luas pertanian cabai menjadi 52 hektare pada 2023 yang lokasinya berada di tiga kecamatan. (DANANG/Y)

Berita Terbaru