Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DisperindagkopUKM Gelar Bimtek Bagi Pelaku IKM dan UKM Kobar demi Peningkatan Ekspor

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Desember 2023 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam upaya meningkatkan ekspor di Kabupaten Kotawaringin Barat, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DisprindagkopUKM) menggelar bimbingan teknis ekspor (BIMTEK) bagi calon eksportir IKM/UKM.

Acara bertema "Pemahaman Teknis Ekspor Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah Guna Mendorong Pertumbuhan Ekspor Kabupaten Kotawaringin Barat" digelar di salah satu hotel di Pangkalan Bun.

Kepala DisperindagkopUKM Kobar melalui Kepala Bidang Perdagangan DisprindagkopUKM Kobar Muhammad Suhendra, menjelaskan bahwa bimtek ini bertujuan memberikan pemahaman teknis dan prosedur ekspor kepada pelaku IKM/UKM.

Tujuannya adalah mendorong peningkatan kegiatan ekspor, sehingga produk unggulan IKM/UKM dapat bersaing di pasar global.

"Bimtek ekspor bagi calon eksportir IKM/UKM ini bertujuan untuk memberikan pemahaman/pengetahuan teknis dan prosedur ekspor kepada para pelaku IKM/UKM sehingga dapat mendorong peningkatan ekspor oleh pelaku IKM/UKM di Kab. Kotawaringin Barat," ujar Suhendra saat di wawancarai pada Rabu, 13 Desember 2023.

Lanjutnya, pemberdayaan IKM/UKM di Kabupaten Kotawaringin Barat dilakukan dengan harapan agar pelaku industri tersebut memiliki pemahaman, pengetahuan, dan motivasi kuat.

Hal ini diharapkan dapat menghasilkan produk barang atau jasa berkualitas tinggi, membuka peluang untuk masuk ke pasar global, bukan hanya di pasar lokal dan night market.

Bimtek Calon Eksportir Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2023 diikuti oleh 15 pelaku IKM/UKM dari seluruh wilayah Kabupaten.

Acara ini menampilkan narasumber dari Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun dan BNI '46 Cabang Pangkalan Bun, membantu peserta memahami aspek teknis dan peraturan ekspor yang berlaku.

"Diharapkan, kegiatan seperti ini dapat menjadi langkah strategis untuk memajukan sektor IKM/UKM dan membuka peluang lebih luas di pasar internasional, menciptakan daya saing yang kuat bagi produk lokal Kabupaten Kotawaringin Barat," pungkasnya. (DANANG/H)

Berita Terbaru