Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Akan Buka Mal Pelayanan Publik

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 Desember 2023 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab Barito Timur akan membuka Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Rencana itu diungkapkan oleh Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan saat menggelar One Day Service atau layanan satu hari di Pasar Tamiang Layang, Rabu, 20 Desember 2023.

MPP adalah tempat penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu yang sudah ada.

"Kegiatan ini (One Day Service) sebagai embrio untuk Mal Pelayanan Publik (MPP) yang tengah disusun untuk direalisasikan pelayan lebih lengkap pada suatu tempat dan lokasi strategis," terang Pj Bupati.

Menurutnya, pada one day service banyak jenis pelayanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Tidak hanya pada pelayanan di pemerintah daerah melalui perangkat daerah masing-masing, namun dari berbagai sektor termasuk perpajakan, kepolisian dan perbankan.

"Dalam one day service masyarakat bisa mendapatkan pelayanan pembuatan nomor induk berusaha (NIB), kemudian pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan kepengurusan kendaraan bermotor, pelayanan pajak dan DPHTB, pembuatan NPWP dan pelayanan perbankan," terang Pj Bupati.

Dia mengatakan One Day Service tersebut akan bermuara pada pembentukan MPP untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Ini sebagai langkah awal, semua akan bermuara dengan dibentuknya MPP nanti namun, terlebih dahulu akan dirumuskan SK pendirian serta keterlibatan instansi vertikal dalam pelayanan seperti pengadilan, kepolisian dan yang lain, sehingga MPP pelayanannya lebih lengkap tidak hanya pada pelayanan pemerintah daerah tetapi sampai urusan dengan kaitannya pemerintah pusat," tandas Indra Gunawan. (BOLE MALO/j) 

Berita Terbaru