Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lapas Perempuan Palangka Raya Gandeng HIMPSI dalam Program Konseling Psikologi

  • Oleh Pathur Rahman
  • 21 Maret 2024 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan psikologis para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Palangka Raya telah membuka sebuah program konseling psikologi.

Program ini, yang melibatkan 15 Warga Binaan, merupakan hasil kerja sama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Provinsi Kalimantan Tengah.

Sri Astiana, Kepala Lapas Perempuan, menyatakan bahwa program ini bertujuan sebagai deteksi dini untuk mengidentifikasi masalah psikologis, tingkat kecemasan, dan stres yang dihadapi oleh para Warga Binaan.

"Konseling psikologi ini penting untuk memahami dan mendukung proses rehabilitasi para Warga Binaan," ujar Astiana, Kamis, 21 Maret 2024.

Elisabeth Fransisca, Ketua HIMPSI Wilayah Kalimantan Tengah, menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif Lapas Perempuan Palangka Raya yang telah membuka layanan konseling bagi WBP.

"Layanan konseling ini memberikan kesempatan bagi Warga Binaan untuk mengatasi tantangan mental dan emosional, serta membantu mereka menciptakan narasi perubahan yang inspiratif selama menjalani masa pidana," tutur Fransisca.

Konseling psikologi merupakan proses interaktif antara klien dan psikolog atau konselor, yang bertujuan untuk menggali persepsi, kebutuhan, nilai, perasaan, pengalaman, harapan, serta masalah yang dihadapi oleh klien.

"Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi para Warga Binaan di Lapas Perempuan Palangka Raya," tutup Astiana. (PATHUR/j)

Berita Terbaru