Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pabrik Penggilingan Padi Barsel Miliki Prospek Bagus

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 April 2024 - 09:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pembangunan pabrik penggilingan padi di kawasan Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dinilai akan memiliki prospek bagus dalam dunia investasi.

“Provinsi Kalteng memiliki keunggulan lahan pertanian yang cukup luas dan ketersediaan bahan baku dari produksi padi yang melimpah terutama di Kabupaten Barsel,” kata Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalteng, Wawan Juswanto dalam keterangan persnya, Senin, 29 April 2024.

Dia menyampaikan terdapat proyek pabrik penggilingan padi modern dengan kapasitas pengolahan 1,5 ton Gabah Kering Panen (GKP) per jam. Peluang usaha penggilingan padi modern tersebut sangat bermanfaat dalam mendorong optimalisasi hasil pertanian di daerah setempat.

Selain itu, akan memangkas biaya distribusi komoditas beras yang diharapkan dapat menekan angka inflasi di Kalimantan Tengah khususnya pada kelompok makanan dan minuman.

Wawan mengingatkan prospek dari penggilingan padi secara modern dipengaruhi berbagai hal, seperti beras masih menjadi komoditas penting dan strategis baik secara sosial, ekonomi, maupun politik karena merupakan bahan makanan pokok masyarakat Indonesia.

Data menunjukan produksi padi di Kalimantan Tengah di tahun 2022 sangat tinggi, khususnya pada Kabupaten Barito Utara sebesar 8,235 Ton dan Kabupaten Barito Selatan sebesar 6.402 Ton yang didukung oleh lahan produktif yang cukup luas.

“Investasi di sektor Industri Pengolahan akan memberikan pekerjaan layak bagi masyarakat sehingga diharapkan tingkat kemiskinan akan berkurang dan pertumbuhan ekonomi dapat meningkat,” sebut dia.

Disamping itu, berpotensi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kalimantan Tengah, dengan dibangunnya pabrik modern di sentra-sentra produksi padi diharapkan dapat mewujudkan hilirisasi pangan yang tangguh.

Sekaligus, membuka lapangan pekerjaan baru yang dapat menekan jumlah pengangguran terbuka dan mengurangi jumlah penduduk miskin, sehingga akan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di Kalteng. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru