Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Minat Siswa Melalui Teks Cerita Sejarah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 April 2024 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng berusaha meningkatkan minat pelajar dalam penulisan sejarah.

Langkah ini diaplikasikan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Sejarah, bertempat di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya.

“Bimtek ini bertujuan untuk menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa dalam menulis sejarah,” kata Kepala Bidang Sejarah, Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Maria Doya Aden, Senin, 29 April 2024.

Melalui tulisan-tulisan sejarah, lanjut dia, diharapkan kisah dan informasi-informasi sejarah di masa lampau tetap terpelihara, dan terangkai menjadi literatur bagi generasi muda di masa mendatang.

Bimtek diisi dua narasumber utama yaitu Dosen/Guru Besar Ilmu Sejarah, Eddy Lion dan Pamong Budaya, Yusri Darmadi.

Selain pemaparan materi dari Narasumber, metode pembelajaran juga dilakukan melalui diskusi aktif dan praktik membuat tulisan bertema sejarah.

Di akhir bimtek, peserta diberikan kesempatan untuk menyempurnakan tulisan sejarah yang disusun saat bimtek, berdasarkan teori dan masukan yang telah diberikan Narasumber. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru