Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peran Orang Tua Kunci Tumbuhkan Minat Literasi Anak

  • Oleh Hendri
  • 04 Mei 2024 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kota Palangka Raya, Benhur Pangaribuan, menegaskan bahwa menumbuhkan minat baca pada anak-anak harus dimulai dari lingkungan keluarga, terutama peran orang tua.

"Memupuk budaya literasi pada anak-anak tidak bisa hanya dilakukan di sekolah. Peran orang tua di rumah juga sangat penting untuk menanamkan kebiasaan membaca sejak dini," katanya, Sabtu, 4 Mei 2024.

Menurut Benhur, orang tua perlu memprioritaskan pemberian buku bacaan kepada anak-anak mereka, dibandingkan memberikan smartphone atau gadget.

Hal ini bertujuan agar anak-anak terbiasa dengan aktivitas membaca dan tidak terlalu tergantung pada gawai.

"Saat ini, banyak orang tua yang lebih suka memberikan smartphone kepada anak-anak mereka. Padahal, hal itu justru dapat menghambat tumbuhnya minat baca pada anak," tegasnya.

Dispursip Palangka Raya sendiri telah meluncurkan berbagai program untuk mendorong peningkatan minat baca di kalangan pelajar, seperti perpustakaan keliling dan pojok baca di sekolah-sekolah. Namun, Benhur menekankan bahwa peran orang tua tetap menjadi kunci utama.

"Kami telah berupaya semaksimal mungkin untuk mendekatkan buku bacaan kepada anak-anak. Tapi yang paling penting adalah dukungan dan teladan dari orang tua di rumah. Mereka harus menjadi role model dalam membiasakan anak membaca," ujarnya.

Dia berharap dengan adanya kesadaran dan peran aktif orang tua, minat baca anak-anak di Kota Palangka Raya akan semakin meningkat. Sehingga, generasi muda di daerah ini dapat tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, kritis dan berpengetahuan luas. (HENDRI/j)

Berita Terbaru