Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lomba Fashion Show Busana Adat Nusantara Juga untuk Lestarikan Budaya

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 Mei 2024 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah Pintar Taman Askari Kapuas baru-baru ini sukses mengadakan lomba fashion show busana adat nusantara, dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2024, bertempat di Hall Rumah Jabatan Bupati Kapuas.

Pj Bupati Kapuas melalui Asisten II Setda Kapuas, Vitrianson, mengapresiasi Rumah Pintar Taman Askari yang sudah menginisiasi kegiatan tersebut. Ia mengatakan busana adat Indonesia adalah bagian penting dari kekayaan budaya negara dan tidak terpisahkan dari indentitas dan budaya bangsa, oleh karena itu setiap warga negara haruslah melestarikannya,

"Setiap daerah memiliki pakaian tradisional yang unik yang mencerminkan sejarah, kearifan lokalnya, hingga keindahan seninya. Untuk itu, pendidikan budaya adalah kunci dari melestarikan budaya adat Indonesia," katanya, Minggu, 5 Mei 2024.

Lebih lanjut, ia juga menekankan lomba ini dapat menjadi inspirasi hingga memotivasi seluruh masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dan terus menghidupkannya.

Juga berharap kiranya para pendidik dan orang tua dapat mengajarkan serta menjelaskan nilai-nilai yang ada dalam warisan budaya ini.

"Dengan mengetahui beragam busana adat di Indonesia, maka anak-anak juga akan mengenali perbedaan budaya dan belajar mengenai toleransi, sehingga kelak dapat membangun kehidupan yang tentram dan aman," ucapnya.

Adapun lomba fashion show busana adat nusantara tersebut diikuti oleh total sebanyak 85 peserta dari kategori putra-putri usia 5 sampai dengan 12 tahun. (DODI/Y)

Berita Terbaru