Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Gabungan Masih Lakukan Pencarian Mahasiswa ULM Hilang di Mantangai

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 06 Mei 2024 - 06:03 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim gabungan masih melakukan pencarian terhadap seorang mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Kalsel bernama Aditya Dharma Santoso (21) yang dikabarkan hilang di wilayah Desa Sei Ahas, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalteng sejak Kamis sore, 2 Mei 2024 lalu.

Pencarian masih terus dilakukan tim gabungan terdiri atas BPBD, Basarnas, TNI, Polri, Kecamatan Mantangai, Pemdes Sei Ahas, Mapala ULM, Pihak PBS dan pihak terkait lainnya. Mereka menyisir area hutan di sekitar desa tersebut pada Minggu, 5 Mei 2024.

"Sampai dengan pukul 22:00 WIB pencarian masih tetap dilakukan dan korban belum ditemukan," kata Plt Kepala BPBD Kapuas, Fakhruransi melalui keterangan tertulis, Minggu malam.

Dijelaskannya, operasi SAR terhadap mahasiswa ULM, warga Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut, Kalsel ini merupakan pencarian hari ketiga, yaitu Minggu, 5 Mei 2024, diawali dengan rapat perencanaan operasi, breafing personel dan pembagian tugas di lapangan.

Selanjutnya, pukul 08:00 WIB, tim melakukan pencarian dan sampai pukul 15:30 WIB tim kembali ke posko/camp. 

Sekitar pukul 16:00 WIB, tim kembali melaksanakan rapat evaluasi, rapat perencanaan operasi dan breafing sore untuk melajuntkan giat malam. 

"Pada pukul 17:00 WIB Tim kembali melakukan pencarian dan sampai pukul 22.00 WIB, korban belum ditemukan," ujarnya. 

Adapun kendala yang dihadapi di lapangan akses menuju lokasi serta mobilisasi personel hanya bisa menggunakan perahu bermesin (klotok ces).

"Lalu, lokasi pencarian korban berada di dalam hutan mengakibatkan terbatasnya visibility karena terhalang vegetasi yang tingginya rata-rata 1-2 meter," pungkasnya.

Sebelumnya, diketahui mahasiswa dari Fakultas Kehutanan ULM itu dikabarkan menghilang saat melakukan geotagging, yakni penambahan informasi geografis ke data digital di Desa Sei Ahas, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalteng pada Kamis, 2 Mei 2024 lalu.

Tiga hari pascamenghilang, kondisi maupun posisi Aditya masih belum diketahui keberadaanya dan tim gabungan masih berupaya melakukan pencarian. Bahkan dari informasi yang didapat, di hari kedua pencarian juga sudah dibantu warga dengan menggelar ritual Sangiang. (DODI/Y)

Berita Terbaru