Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Palangka Raya Ajak Masyarakat Kenali Gejala Tuberculosis

  • Oleh Pathur Rahman
  • 06 Mei 2024 - 11:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palangka Raya, drg Andjar Hari Purnomo, mengajak masyarakat untuk lebih mengenal gejala Tuberculosis atau yang sering disebut TBC.

TBC merupakan penyakit menular yang dapat mempengaruhi organ paru-paru dan menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Gejala utama TBC yang perlu diwaspadai adalah batuk berdahak atau tidak berdahak yang berlangsung dalam waktu lama.

Selain itu, nyeri dada dan sesak nafas juga dapat menjadi tanda adanya infeksi TBC. Demam meriang dan badan lemas juga seringkali terjadi pada penderita TBC, serta nafsu makan yang menurun dan berat badan yang turun secara signifikan selama tiga bulan berturut-turut.

"Untuk mencegah penyebaran penyakit ini, kami mengimbau masyarakat yang mengalami gejala-gejala tersebut untuk segera memeriksa kondisi kesehatan mereka ke puskesmas terdekat," katanya, Senin, 6 Mei 2024.

Melakukan pemeriksaan dini sangat penting guna mendapatkan diagnosis yang tepat dan pengobatan yang efektif.

TBC merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja, tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat dalam mengenali gejala-gejala TBC sangatlah penting.

"Dengan mengenali gejala-gejala tersebut, masyarakat dapat segera mencari bantuan medis dan menghindari penyebaran penyakit kepada orang lain," pungkasnya. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru