Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lestarikan Budaya Olahraga Tradisional Melalui Festival Budaya Marunting Batu Aji

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 07 Mei 2024 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) menggelar Festival Budaya Marunting Batu Aji mulai 7 sampai 10 Mei 2024 di Halaman Stadion Sampurag, Kelurahan Sidorejo. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan para atlet dari perwakilan Kabupaten Kobar untuk mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024.

Festival Budaya Marunting Batu Aji ini meliputi pertandingan olahraga tradisional diantaranya Bagasing, Balogo, Menyumpit dan Sepak Sawut yang diikuti sebanyak 423 peserta anak-anak dari berbagai sekolah.

"Tidak hanya untuk persiapan untuk Festival Isen Mulang saja, disini kita sekaligus merangkul anak-anak maupun masyarakat memelihara, mempromosikan olahraga tradisional dan kebudayaan yang menjadi dari masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat," ujar Kepala Dispora Kobar, Aqil Noor, 7 Mei 2024.

Lebih lanjut, Kepala Dispora Kobar menyampaikan, Festival Budaya Marunting Batu Aji 2024 ini tidak hanya sebagai perlombaan maupun pertunjukan semata, adapun hal penting lainnya yang bisa didapatkan oleh peserta. 

"Ini juga wadah bagi kita untuk saling silahturahmi, berbagi pengetahuan, pengalaman dan kegembiraan, sekali lagi mari kita menghargai, melestarikan budaya kita dan mengembangkannnya agar tidak terlupakan," pungkasnya. (NURITA/H)

Berita Terbaru