Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disperindagkop UKM Kobar Gelar Pelatihan Tingkatkan Keterampilan UMKM Mengolah Ikan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 Mei 2024 - 20:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan mendukung perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam mengolah ikan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar pelatihan olahan pangan berbahan dasar iklan. 

Kepala Disperindagkop UKM Kobar Alfan Khusnaini melalui Kepala Bidang UMKM Maryami mengatakan, kegiatan ini di danai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia tahun anggaran 2024. 

"Pelatihan ini di ikuti oleh 25 peserta, dimana mereka merupakan UMKM yang bergerak dalam olahan pangan dari ikan, adapun kegiatan pelatihan ini di selenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 6 sampai dengan tanggal 8 Mei 2024," Kata Maryami, Selasa, 7 Mei 2024.

Maryami menambahkan juga, dalam kegiatan pelatihan tersebut, Disperindagkop UKM Kobar melibatkan beberapa narasumber yakni ASN dari dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Perwakilan dari Kemenkumham wilayah Kalimantan Tengah, Tenaga pengajar dari SMKN 5 Pangkalan Bun, Bank Marunting Sejahtera, dan praktisi pengrajin ampang dan kerupuk dari Desa Sungai Kapitan Kecamatan Kumai. 

Lanjut Maryami, maksud di laksanakan pelatihan ini untuk meningkatkan ketrampilan bagi pelaku usaha mikro kecil dalam memproduksi olahan pangan dengan imam sebagai bahan dasar. 

Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan UMKM dalam mengolah produk pangan, meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM tentang pengelolaan keuangan usaha yang di jalankan. 

"Melalui pelatihan ini diharapkan pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas, karena dalam pelatihan ini para peserta di berikan prlamham tentang standar dan quality Control pada sektor industri pengolahan pangan, mengingat Kobar pun banyak terdapat produktif ikan, sehingga dengan adanya pelatihan ini pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya," ujar Maryami. (DANANG/j)

Berita Terbaru