Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Promkes RSUD Kapuas Berikan Edukasi Kesehatan Atasi Sakit Batuk di Rumah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Mei 2024 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Promkes RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas kembali memberikan penyuluhan atau edukasi kesehatan lewat radio siaran pemerintah daerah setempat.

Edukasi kesehatan dari narasumber yakni, dr. Erny Indrawati, selaku Ketua Pokja Komunikasi dan Edukasi (KE) didampingi, Popo Subroto selaku Koordinator Unit Promkes RSUD Kapuas, kali ini mengulas tentang mengatasi sakit batuk Di Rumah Bersama Promkes RSUD Kapuas.

dr. Erny yang bertugas sebagai Dokter Umum Madya dan juga sebagai Dokter Penanggung Jawab Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Kapuas menjelaskan bahwa batuk merupakan reflek normal tubuh yang berguna untuk mengeluarkan dan membersihkan saluran pernafasan dari dahak, lendir, debu, dan partikel-partikel asing yang terhirup. 

Tetapi akan menjadi bermasalah bila diikuti gejala-gejala lain, misalnya, demam, sesak nafas, serta telah mengganggu aktivitas sehari-hari. 

"Untuk batuk yang menggelitik/ gatal, minumlah sesuatu yang hangat, misalnya teh hangat dengan madu. Untuk lendir yang sulit keluar, minum sesuatu yang hangat atau hirup uap air hangat (jangan uap air mendidih), dan Usahakan udara di rumah dan tempat kerja tetap bersih," katanya, Rabu, 8 Mei 2024.

Ia menyampaikan beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah bila anak mengalami batuk, antara lain jika anak terbangun di tengah malam dengan batuk atau sesak nafas, cobalah meminta dia menghirup uap air hangat untuk membantu melegakan pernafasannya.

Dapat memasang pelembab udara di kamar anak untuk membantu melegakan pernafasannya, hindari memberikan minumam bersoda atau jeruk, dan jangan memberikan obat batuk bebas tanpa petunjuk dari dokter, terutama bagi bayi atau anak yang baru belajar berjalan.

"Obat-obatan apa saja yang bisa diberikan sebagai pengobatan di rumah dapat berupa obat batuk alami seperti rebusan jahe. Jahe sudah lama dikenal sebagai obat herbal, salah satunya bisa sebagai obat batuk," ucapnya.

Dengan mengkonsumsi jahe dapat membuat otot-otot pada saluran nafas menjadi rileks. Jahe juga memiliki khasiat sebagai anti radang, sehingga dapat mengurangi proses peradangan di tenggorokan.

"Perasan kencur juga dapat meredakan batuk. Beberapa ruas kencur di parut kemudian diperas, tambahkan air hangat 100 cc, tambahkan madu, dan langsung bisa diminum selagi hangat," jelasnya.

Berita Terbaru