Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Resmi Dibuka, Bupati Kotim: TMMD Bantu Tingkatkan Taraf Hidup dan Kesejahteraan Masyarakat

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 08 Mei 2024 - 16:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor secara resmi membuka Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kelurahan Tanah Mas, Kecamatan Baamang, Rabu, 8 Mei 2024.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan nantinya dapat memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan lahannya antara lain seperti untuk berkebun ataupun bertani sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat," kata Halikinnor.

TMMD ke-120 yang dilaksanakan Kodim 1015/Sampit di Kelurahan Tanah Mas dan Kelurahan Baamang Hulu akan menghadirkan kegiatan fisik dan non fisik menggunakan anggaran APBD Kotim. 

Adapun kegiatan tersebut yaitu kegiatan fisik berupa penimbunan jalan budi mufakat dengan lebar kurang lebih 5 meter sepanjang kurang lebih 1.618 meter, pelebaran parit Jalan Sarpatim dan pembuatan jembatan kayu klas I sebanyak 5 unit.

Selain itu juga sasaran fisik tambahan yang merupakan program unggulan kasad berupa rehab RTLH, pembuatan sumur bor, penanaman pohon, pembersihan sungai, urban farming.

Kegiatan non fisik yang diselenggarakan pada TMMD reguler Kodim 1015/Sampit yaitu penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, rekrutmen TNI dan penyuluhan dari Polres Kotim tentang bahaya narkoba dan kamtibmas, dari Dinas Kesehatan tentang kesehatan, dari Dinas Pertanian tentang pertanian dan dari DP3AP2KB tentang stunting.

"Kita berterima kasih karena kodim 1015/Sampit selalu bersinergi dengan pemerintah daerah," ujarnya. 

Lanjutnya, kegiatan ia sambut positif karena pembangunan yang dilaksanakan selalu di wilayah yang sulit dan menembus keterisoliran dan membuka akses sentra produksi masyarakat.

"Kegiantan ini melibatkan stakeholder dan dunia usaha sehingga capaiannya akan lebih besar. Misalkan kita anggarkan Rp1 miliar, kalau dikerjakan melalui proyek kita hanya mendapat sekian meter tetapi begitu dilaksanakan TMMD dibantu gotong royong tidak ada upah kontraktor sehingga hasilnya maksimal," imbuhnya.

Adapun TMMD di Kotim sebelumnya telah dilaksanakan beberapa titik seperti di Kecamatan Pulau Hanaut yang membangun 14 jembatan.

Berita Terbaru