Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Barito Utara Gelar Gebyar Posyandu Presisi

  • Oleh Ramadani
  • 08 Mei 2024 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Polres Barito Utara menggelar Gebyar Posyandu Presisi yang dilaksanakan di Mapolres setempat, Rabu, 8 Mei 2024. Kegiatan ini dalam rangka penanganan percepatan penurunan kasus stunting.

Acara itu tampak dihadiri Pj Bupati Barito Utara, unsur forkopimda Barito utara dan undangan lainnya.

Kapolres Barito Utara AKBP Gede Eka Yudharma mengatakan, persoalan stunting bukan persoalan bangsa di masa sekarang saja, melainkan menyangkut masa depan kita karena anak-anak itu adalah generasi penerus.

“Merekalah masa depan kita. Bagaimana kita bisa mencapai visi Indonesia Emas tahun 2045 kalau modal dasarnya, yaitu anak-anak bangsa, mengalami stunting, terganggu perkembangan kognitif  dan kesehatannya,” kata Kapolres Barito Utara.

Untuk itu, pemerintah sangat serius mengupayakan penurunan stunting. Komitmen pemerintah tidak pernah kendur. Yang mana Presiden telah menandatangani peraturan Presiden Nomor 72 tentang percepatan penurunan stunting.

Menurut dia, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara bahwa jumlah kasus stunting di Kabupaten Barito Utara sebanyak 481 kasus dengan rincian Kecamatan Teweh Tengah 141 kasus, Kecamatan Teweh Selatan 73 kasus, Kecamatan Teweh Baru 61 kasus, Kecamatan Lahei 47 kasus, Kecamatan Lahei Barat 46 kasus, Kecamatan Gunung Timang 43 kasus, Kecamatan Teweh Timur 34 kasus, Kecamatan Gunung Purei 22 kasus, dan Kecamatan Montallat 14 kasus.

Sedangkan, untuk capaian prevalensi stunting Kabupaten Barito Utara tahun 2023 sebesar 15,3 persen dari target sebesar 19,95 persen dan untuk tingkat provinsi berada di urutan 3 terendah kasus stunting di Kalimantan Tengah.

“Polres Barito Utara berupaya membantu pemerintah untuk penanganan stunting khususnya di wilayah Kabupaten Barito Utara, dengan melakukan kegiatan Gebyar Posyandu Presisi Polres Barito Utara dalam rangka percepatan penanganan stunting di wilayah Barito Utara,” ucap Gede Eka Yudharma.

Yang mana, kata dia, kegiatannya meliputi pemeriksaan kesehatan ibu hamil, ibu menyusui, balita atau batita, lansia, dan remaja serta memberikan edukasi pra nikah kepada masyarakat.

Selain itu ucap AKBP Gede Eka Yudharma, Polres Barito Utara juga dalam upaya mendukung percepatan penanganan stunting di Kabupaten Barito Utara telah merencanakan akan bekerjasama dengan Dinas Pertanian untuk melakukan Ketahanan Pangan, bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian melakukan operasi pasar serta Dinas PUPR melakukan bedah rumah.

“Kita semua berharap kegiatan percepatan penanganan stunting di wilayah Kabupaten Barito Utara yang kita laksanakan ini menjadi ladang amal ibadah, dalam menyongsong masa depan indonesia emas. Kita harus optimis namun tidak boleh lengah. Anak-anak bangsa adalah bagian dari masa kini dan masa depan. Sekarang kita rawat mereka, kelak mereka yang merawat bangsa,” pungkasnya. (RAMADHANI/j)

Berita Terbaru