Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sehari Jelang Akad Nikah, Monica Putri Rasyid Jalani Prosesi Adat Badudus Mandi Mandi

  • Oleh Wahyu Krida
  • 09 Mei 2024 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sehari menjelang akad nikah, Monica Putri Rasyid anak dari Owner Citra Borneo Indah (CBI) Group H. Abdul Rasyid AS dan Hj. Nuriyah jalani prosesi adat Badudus Mandi Mandi.

Acara digelar di kediaman H. Abdul Rasyid AS Jalan Hasanuddin, Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalteng, Kamis, 9 Mei 2024.

Badudus merupakan prosesi adat untuk menolak bala. Tujuannya adalah agar mempelai bisa mendapatkan keselamatan dan kehidupan berumah tangga nantinya bisa aman, tentram, rukun dan sejahtera. Tentunya, atas izin Allah Subhahahu Wa'taala.

Karena acara Badudus Mandi Mandi tersebut digelar sebelum akad nikah, maka calon pengantin tersebut melakukan upacara adat tersebut masing-masing di tempat terpisah.

Sehingga, calon mempelai pria yaitu Muhammad Khairnadhif Kasyfillah putra dari Owner Maktour Group Fuad Hasan Masyhur dan Hj. Anisa Gaby F Manggabarani tidak bersama-sama mengikuti upacara adat yang dipimpin oleh pemandu adat Hj. Helda. 

Kedua orang tua Monica Putri Rasyid yaitu H. Abdul Rasyid AS dan Hj. Nuriyah dan para kerabat juga turut serta menyiramkan air mandi - mandi pada calon mempelai perempuan tersebut.

Orang tua mempelai pria juga hadir di lokasi dan turut serta menyiramkan air mandi-mandi pada acara adat ini.

Usai prosesi adat dan calon mempelai perempuan telah  menggunakan busana putih dengan kerudung yang anggun. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surah Yasin serta doa selamat.

Kemeriahan juga telihat jelang berakhirnya acara. Para tamu undangan yang hadir sambil tertawa gembira memperebutkan bungkusan dan sengaja dilemparkan dalam prosesi behambur beras kuning. (WAHYU KRIDA/j)

Berita Terbaru