Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kapuas Berikan Materi dan Edukasi Kesehatan saat Kegiatan Manasik Haji

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 Mei 2024 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dalam rangka mempersiapkan jemaah haji agar siap lahir dan batin dalam melaksanakan ibadah haji, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas berpartisipasi dalam memberikan materi kesehatan saat pelaksanaan manasik haji yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama Kabupaten Kapuas bersama seluruh KUA Kecamatan.

Rangkaian kegiatan manasik haji pun telah diselenggarakan sejak 22 April 2024 dan berakhir pada awal Mei 2024, yang diikuti para calon jemaah haji dibeberapa tempat penyelenggaraan kegiatan.

Adapun materi- materi tentang kesehatan yang disampaikan saat manasik haji adalah tentang pencegahan dan pengendalian penyakit menular dan tidak menular, pengendalian stres.

Lalu, kondisi lingkungan dan cuaca di Arab Saudi dan faktor risiko serta cara mengatasinya, selain itu juga diberikan materi tentang senam Haji Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan dr Tonun Irawaty Panjaitan, menjelaskan bahwa selain melakukan pembinaan pada saat manasik, tim Dinas Kesehatan bersama Tenaga Kesehatan Haji (TKH) dan PPIH yang akan ikut berangkat ke Arab Saudi diminta terus melakukan pembinaan melalui Posbindu.

"Forum-forum jemaah dan kunjungan rumah untuk memaksimalkan upaya menyiapkan jemaah haji agar tetap sehat dan bugar. Jadi kita sudah persiapkan semuanya," katanya, Kamis, 9 Mei 2024.

Sebelum berangkat, jemaah calon haji agar tetap kontrol kesehatan secara berkala, terutama untuk penyakit yang memerlukan penanganan khusus, seperti anemia, jangan sampai saat di embarkasi HB (Haemoglobin) masih rendah sehingga harus dilakukan transfusi darah sehingga akan mempengaruhi proses keberangkatan. 

"Latihan kebugaran dan senam haji juga tetap harus dilakukan agar kondisi jemaah selalu bugar, dan yang tidak kalah pentingnya diminta agar seluruh petugas memperhatikan para Lansia, sesuai tagline pelayanan haji tahun 2024 yaitu Haji Ramah Lansia," pungkasnya. (DODI/Y)

Berita Terbaru