Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanganan Banjir Jadi Perhatian Harati Jilid 2

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 09 Mei 2024 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Halikinnor dan Irawati secara resmi mendaftar sebagai pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim pada Pilkada 2024 ke DPC PDI Perjuangan. Halikinnor mengatakan penanganan banjir akan menjadi salah satu perhatian Harati Jilid 2.

"Termasuk juga saat ini melanjutkan pembangunan yang kita rencanakan visi misi kita Sampit terang, bebas banjir dan bersih. Kita akui bebas banjir ini masih belum," kata Halikinnor, Kamis, 9 Mei 2024.

Salah satu upaya agar Sampit bebas banjir pada masa pemerintahannya ia mengadakan ekskavator amfibi untuk mengeruk sungai dari endapan lumpur dan sampah. Namun kendala saat ini dihadapi berada di muara Sungai.

Bangunan warga di muara menjorok ke sungai menyebabkan pendangkalan. Bangunan tersebut pun menghambat manuver ekskavator yang mampu berjalan di atas air dan daratan itu.

Secara hukum, bangunan tersebut memang melanggar peraturan Permen PUPR Nomor 28 Tahun 2015 tentang penetapan garis sempadan sungai dan garis sempadan danau. Namun dirinya memikirkan dampak sosial yang terjadi jika bangunan tersebut dibongkar begitu saja.

"Makannya tahun 2025 kita akan menganggarkan tali asih. Karena mereka warga kita, secara kemanusiaan kita tidak tega, harus ada tali asih agar mereka secara sukarela membongkarnya," imbuhnya. 

Upaya pembersihan drainase primer, sekunder dan tersier tersebut tidak lanta menuntaskan banjir di Sampit. Sebab secara geografis daratan di daerah ini lebih rendah dari permukaan laut. Sehingga jika terjadi pasang dan hujan secara bersamaan, banjir tak dapat dihindari.

"Tetapi kalau saluran primer, sekunder dan tersier lancar maka banjir mengenang sebentar dan akan cepat surut," katanya. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru