Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Zelenskyy: Ukraina Dapat Hentikan Rusia Setelah Terima Senjata Baru

  • Oleh ANTARA
  • 10 Mei 2024 - 18:20 WIB

BORNEONEWS. Istanbul - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Kamis (9/5) mengatakan bahwa negaranya dapat menghentikan serangan Rusia di timur saat ini setelah negara tersebut menerima pengiriman senjata baru yang disediakan oleh Barat.

"Dengan peningkatan pasokan senjata, kami akan mampu menghentikan mereka (Rusia) di wilayah timur. Mereka memiliki inisiatif di sana sekarang. Ini bukan rahasia," kata Zelenskyy dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Parlemen Eropa Roberta Metsola di Kiev.

"Kita perlu menghentikan mereka dan mengambil inisiatif sendiri. Hal ini hanya dapat dilakukan jika Anda memiliki sesuatu yang kuat di tangan Anda," tambahnya.

Menyatakan bahwa Kiev akan mampu menghentikan inisiatif Rusia di garis depan di Ukraina timur segera setelah negara tersebut menerima pengiriman senjata, yang menurutnya saat ini tidak berada pada tingkat yang mereka harapkan, Zelenskyy mengatakan Moskow sebaliknya telah menambah pasukannya di utara dan timur negara itu.

Bulan lalu, Presiden AS Joe Biden menandatangani rancangan undang-undang bantuan senilai $60,8 miliar (Rp975 triliun) ke Ukraina menjadi undang-undang ketika negara itu terus melawan Moskow di tengah perang Rusia-Ukraina yang sudah berlangsung sejak Februari 2022.

Zelenskyy juga menyinggung KTT Perdamaian Global yang akan datang di Swiss pada Juni, dengan mengatakan bahwa KTT tersebut penting karena jika hukum internasional dan mayoritas dunia berhasil untuk Ukraina, mereka akan mampu berupaya untuk memulihkan perdamaian bagi "semua orang."

"Itulah sebabnya (Presiden Rusia Vladimir) Putin mencoba untuk mengganggunya - dia akan melakukannya dengan mencoba meningkatkan tekanan di garis depan, memulai tindakan serangan baru, dan dengan berbagai manipulasi dalam politik, dan dengan upaya untuk memecah belah masyarakat internasional," ujarnya.

Dia melanjutkan dengan mengatakan Putin "sangat takut" dengan pertemuan puncak tersebut dan kemungkinan bahwa mayoritas dunia akan mulai memaksa Rusia untuk berdamai.

"Itulah mengapa kita memerlukan posisi yang jelas dari setiap negara, setiap pemimpin, setiap organisasi internasional mengenai partisipasi dalam KTT Perdamaian, mengenai dukungan terhadap upaya pembangunan perdamaian bersama kita," tambahnya.

Pekan lalu, Kementerian Luar Negeri Swiss mengumumkan bahwa mereka akan menyelenggarakan pertemuan puncak mengenai Ukraina pada 15-16 Juni di resor Burgenstock di wilayah Nidwalden di luar kota Lucerne, dan telah mengundang lebih dari 160 delegasi dari seluruh dunia.

KTT tersebut akan mencakup diskusi mengenai 10 poin formula Zelenskyy yang dituangkan pada KTT G20 tahun 2022 di Indonesia, dengan langkah terakhirnya adalah penandatanganan perjanjian perdamaian.

Berita Terbaru