Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Tingkatkan Kualitas Pendidikan Lewat Merdeka Belajar

  • Oleh ANTARA
  • 04 Mei 2024 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Manado - Kementerian Agama (Kemenag) terus meningkatkan kualitas pendidikan lewat Merdeka Belajar di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Penerapan kurikulum merdeka belajar sebagai sebuah langkah ikhtiar meningkatkan kualitas pendidikan," kata Kakanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe, di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan dengan Merdeka Belajar memberi ruang yang luas kepada institusi, baik madrasah dan sekolah menyelenggarakan pendidikan, menentukan tingkat kelulusan pada jenjang pendidikan tertentu, keleluasaan guru mengatur proses pembelajaran.

Juga, katanya, memberi ruang kreativitas bagi siswa dalam proses penyelenggaraan pendidikan adalah wajah baru dari dinamika pendidikan baru yang diterapkan di era saat ini.

Pendidikan pada hakikatnya, kata Sarbin, adalah proses memanusiakan manusia secara manusiawi.

"Diperlukan interaksi yang humanis, menyenangkan yang disediakan dalam ruang pembelajaran, itulah sebenarnya kurikulum merdeka belajar," katanya.

Indikator merdeka belajar, katanya, adalah membangun interaksi belajar mengajar yang lebih menyenangkan bagi guru dan siswa.

Merdeka Belajar, katanya, memberikan keleluasaan pada lembaga pendidikan dalam mengadakan penilaian dan penerapan kurikulum.

"Menciptakan peserta didik yang berjiwa merdeka, mengembangkan dan menemukan potensi dan kemampuan diri masing-masing peserta didik," katanya.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, katanya, sebagai upaya pelaksanaan kurikulum merdeka belajar. 

Berita Terbaru