Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Barito Utara Periksa Kebugaran 145 CJH

  • Oleh Ramadani
  • 04 Mei 2024 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Kesehatan Barito Utara priksa kebugaran bagi 145 orang Calon Jamaah Haji (CJH) daerah tersebut, di halaman kantor bupati setempat, Sabtu 3 Mei 2024.

“Ibadah haji merupakan Rukun Islam dan merupakan kewajiban bagi segenap umat Islam yang mampu untuk mengerjakannya. Kata "Mampu" tersebut dimaknai dengan istitha'ah. Istitha'ah yang dimaksud bukan hanya pada aspek ekonomi dan agama, tetapi juga aspek kesehatan,” kata Kadis Kesehatan Barito Utara Pariadi.

Dikatakannya, istithaah kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap warga negara yang akan menunaikan Ibadah Haji, karena untuk dapat melaksanakan seluruh rangkaian rukun haji kesehatan fisik dan mental merupakan salah satu modal utama.

“Oleh karena itu, menjadi kewajiban bersama antara pemerintah, jemaah haji dan masyarakat untuk mewujudkan istithaah kesehatan jemaah haji melalui program pemeriksaan kebugaran dan pembinaan kesehatan haji sejak jemaah haji mendaftar,” kata dia.

Dijelaskan Kadis Kesehatan, jemaah haji sebagai bagian dari keluarga, maka kesehatan jemaah haji mempunyai hubungan timbal balik dengan keluarga sehat.

“Dengan demikian, keselarasan antara pemeriksaan dan pembinaan kesehatan haji dengan pendekatan keluarga menuju keluarga sehat sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, Pariadi, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Utara, Kasi Bimas, Almubasir, Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Ina Yastika dan para calon jamaah haji Barito Utara.(RAMADHANI/H)

Berita Terbaru