Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Gunung Mas Beri Masukan Soal Pengembangan Desa Wisata Upon Batu

  • Oleh Riska Yulyana
  • 02 Mei 2024 - 23:21 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Anggota DPRD Gunung Mas Iceu Purnamasari memberikan sejumlah saran dan masukan untuk pengembangan Desa Wisata Upon Baru yang terletak di Kecamatan Tewah.

"PR kita ini salah satunya terkait manajemen desa, kami berharap dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunung Mas bisa memberikan pendampingan kepada masyarakat pengelola Desa Wisata Upon Batu," ujar Iceu, Kamis, 2 Mei 2024.

Harapannya agar masyarakat desa bisa mendapatkan pelatihan dan pendampingan untuk mengembangkan desa wisata Upon Batu agar terus berkembang dan bisa berdampak pada pendapatan desa.

Iceu mengatakan, Desa Wisata Upon Batu ini masih banyak yang bisa dikembangkan seperti wisata kuliner di desa, masyarakat bisa menjual masakan tradisional khas Dayak kepada pengunjung.

Kemudian, bisa juga ada home stay untuk wisatawan yang ingin merasakan tinggal di desa. Namun perlu diingat, tidak masalah rumah warga yang dijadikan home stay sederhana yang terpenting bersih. Bersih kamar mandinya, rumahnya, tempat tidurnya dan lainnya.

Selain itu, yang perlu diperhatikan yakni terkait pengelolaan sampah di Desa Wisata Upon Batu. Dinas terkait perlu memikirkan adanya pengelolaan atau tempat pembuanagan sampah warga desa agar masyarakat dan pengunjung tidak membuang sampah sembarangan atau membuag sampah di sungai.

"Tidak elok dilihat jika ada warga yang membuang sampah di sungai, padahal Desa Wisata Upon Batu sudah direnovasi menjadi lebih cantik," papar Iceu.

"Desa Wisata Upon Batu mempunyai daya tarik yang besar untuk menarik wisatawan sehingga kita perlu mempersiapkan masyarakatnya agar siap mengelola desa wisata dengan baik," imbuhnya. (RISKA YULYANA/j)

Berita Terbaru