Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Dorong Pemda Fasilitasi Daerah yang Sulit Mendapatkan Air Bersih

  • Oleh Donny Damara
  • 04 Mei 2024 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Sri Neni Trianawati mendorong pemda baik provinsi, kabupaten dan kota di Kalteng untuk dapat memfasilitasi daerah yang sulit mendapatkan air bersih.

Sri Neni mengungkapkan, khususnya di Kalteng masih banyak terdapat daerah yang sulit mendapatkan air bersih terutama di pelosok atau perdesaan, sehingga hal itu harus bisa menjadi perhatian.

"Dalam setiap kegiatan reses kita selama ini, sering kali kita mendapatkan aspirasi terkait dengan pemenuhan air bersih terutama di desa-desa, karena memang sangat penting," katanya, Jumat, 3 Mei 2024.

Pentingnya air bersih bagi masyarakat yakni untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari khususnya konsumsi, sebab bagi masyarakat di perdesaan kebutuhan akan air bersih sangat sulit didapatkan.

"Pada dasarnya di desa, itu ada sumur maupun sungai, tapi apabila pada musim hujan air keruh dan tidak bisa dikonsumsi, begitu juga sungai sudah banyak yang tercemar, sehingga diperlukan sarana air bersih," ujarnya.

Ia mencontohkan seperti halnya di wilayah DAS Barito, disana masih banyak terdapat desa-desa yang belum memilimi sarana atau fasilitas air bersih, sehingga pemda harus dapat memperhatikan hal tersebut.

"Air bersih ini juga berkaitan dengan kesehatan masyarakat, jika masyarakat mengonsumsi air tidak bersih maka berisiko terhadap kesehatan mereka. Jadi, sangat kita harapkan aspirasi amsyarakat bisa direalisasi," tukasnya. (DONNY D/R)


TAGS:

Berita Terbaru