Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Barito Utara Terima Penghargaan dari Mendikbud Ristek

  • Oleh Ramadani
  • 03 Mei 2024 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Muhlis menerima piagam penghargaan dari Menteri Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.

Penghargaan diberikan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di Hotel Sultan Jakarta, Kamis, 2 Mei 2024.

Piagam penghargaan yang diserahkan tersebut atas keberhasilan dalam revitalisasi Bahasa Daerah yang mengantarkan Pemerintah Kabupaten Barito Utara menerima piagam tersebut. 

Piagam penghargaan tersebut diserahkan pada acara pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional dan Rapat Koordinasi Penguatan RBD antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis merupakan satu-satunya Kepala Daerah di wilayah Kalimantan Tengah yang menerima penghargaan tersebut.

Muhlis yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara Syahmiludin, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga Hj Annisa Cahyawati, , dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Barito Utara M Ikhsan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi terhadap Dinas Pendidikan dan instansi terkait lainnya atas diraihnya penghargaan ini.

“Penghargaan ini memiliki makna bahwa kerja keras teman-teman kami dari Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan instansi lainnya serta masyarakat Kabupaten Barito Utara diapresiasi oleh Pemerintah Pusat yang juga sangat memperhatikan kondisi masing-masing daerah” kata Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis, Jumat 3 Mei 2024.

Muhlis juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Barito Utara sebelumnya, H Nadalsyah, atas support dan kebijakan yang telah beliau berikan terhadap berlangsungnya program tersebut dari tahun 2022 hingga 2023 selama beliau menjabat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin A Surapati mengatakan Pemkab Barito Utara akan menerima piagam penghargaan dari Kemendikbud Ristek RI. Piagam tersebut akan diserahkan langsung Kemendikbud Ristek kepada 20 kepala daerah terpilih se Indonesia dan salah satunya dari kabupaten Barito Utara.

“Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah SWT, berkat dukungan dan perhatian yang sangat besar dari pimpinan baik saat kepemimpinan Bupati H Nadalsyah (periode 2013-2023) yang dilanjutkan dengan Pj Bupati Muhlis terhadap kesungguhan Pemkab Barito Utara melakukan upaya untuk melestarikan dan revitalisasi Bahasa Daerah (Bahasa Dayak Bakumpai, Dayak Maayan, Dayak Tewoyan dan Dayak Dusun Malang) yang diperjuangkan menjadi muatan lokal yang akan diajarkan disekolah-sekolah di Kabupaten Barito Utara,” kata Kepala Dinas Pendidikan Syahmiludin A Surapati.

Sebelumnya, Mendikbud Ristek RI, Nadiem Anwar Makarim menyampaikan penyerahan penghargaan ini didapatkan berdasarkan dukungan, kerjasama dan kontribusi yang telah diberikan oleh masing-masing pemerintah daerah terhadap program Merdeka Belajar Episode ke 17: Revitalisasi Bahasa Daerah.

Dirinya berharap pemerintah daerah dapat terus meningkatkan program ini karena bahasa daerah merupakan warisan tak benda yang sangat berharga. (RAMADHANI/j)

Berita Terbaru