Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Matabu di Barito Timur Akan Kembangkan Pisang Kepok

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 04 Mei 2024 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Desa Matabu di Kabupaten Barito Timur akan mengembangkan kebun pisang kepok pada lahan seluas 12.900 meter persegi di RT 08 dengan menggunakan dana ketahanan pangan tahun 2024.

"Saat ini masih dalam tahap pembersihan lahan, mulai dari penebasan, penebangan sampai pembakaran dengan anggaran Rp23 juta. Kemudian pembuatan gudang pupuk dengan anggaran Rp20,5 juta," ungkap Kepala Desa Matabu Juni Setiawan, Jumat, 3 Mei 2024.

Sedangkan untuk pengadaan bibit, penanaman pisang, pembuatan pagar, pembelian pupuk kandang dan pemupukan akan dilaksanakan setelah pencairan dana desa (DD) tahap II. 

"Untuk bibit kita anggarkan sebesar Rp10 juta. Sedangkan penanaman pisang, pembuatan pagar dan upah pemupukan kita anggarkan Rp27 juta. Sementara untuk pupuk kandang sebesar Rp7 juta," lanjut Juni.

Kades Matabu juga menjelaskan bahwa nanti di antara tanaman pohon pisang itu akan ditanami sayur-sayuran dan cabai sebagai tanaman sela.

"Jadi, rencana kita bukan hanya pohon pisang saja, tapi laham disisi antara tanaman pohon pisang itu juga kita manfaatkan untuk menanam sayur-sayuran," ucapnya.

Juni Setiawan mengungkapkan, sebelumnya pada tahun 2023 dia telah membuat kebun percontohan yang ditanami pisang kepok setelah membersihkan lahan desa di RT 07.

"Setelah lahan itu bersih, dengan menggunakan dana pribadi, saya membeli bibit pisang kepok, menanam, dan membeli pupuk. Alhamdulillah sekarang ini berkembang baik dan menjadi percontohan untuk kebun desa seluas 12.900 meter persegi yang akan kita kembangkan," tandasnya. (BOLE MALO/j)

Berita Terbaru