Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Tira Tangka Balang Ajang Melestarikan Budaya Murung Raya

  • Oleh Tim Borneonews
  • 04 Mei 2024 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu  – Festival Tira Tangka Balang Kabupaten Murung Raya diharapkan menjadi ajang untuk melestarikan budaya setempat.

Penjabat (Pj) Bupati Murung Raya (Mura) Hermon mengatakan itu di sela pembukaan secara resmi Festival Tira Tangka Balang tahun 2024 yang berlangsung di lapangan Alun-alun Jorih Jerah Puruk Cahu, Kamis, 2 Mei 2024.

Adapun lomba yang digelar dalam festival budaya ini adalah lomba karungut, lomba mangenta,lomba bagasing, lomba manyipet, lomba mangaruhi, lomba masakan tradisional kalteng,lomba vocal solo lagu daerah, lomba lawang sakepeng, lomba malamang, lomba balogo, lomba maneweng, manetek tuntang manyila kayu dan lomba tari pedalaman.

Pj Bupati, Hermon mengatakan kegiatan Festival Tira Tangka Balang merupakan kegiatan agenda tahunan yang diadakan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Murung Raya untuk menjaga kelestarian budaya lokal serta ajang memperkenalkan dan melestarikan nilai-nilai budaya daerah sesuai potensi pariwisata Kabupaten Murung Raya.

“Kita bersyukur Acara Festival Tira Tangka Balang ini dapat kita tetap pelihara dan lestarikan sampai saat ini sehingga anak cucu kita sebagai generasi penerus nantinya tidak akan kehilangan jati diri untuk mempertunjukan berbagai kesenian yang dilakukan masyarakat Dayak Kabupaten Murung Raya secara turun temurun,” tutur Pj Bupati.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan yang juga kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Murung Raya, Ferdinand Wijaya dalam laporannya menyebutkan peserta berjumlah 408 orang dari 10 kecamatan dan pelaksanaan lomba akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 2 sampai 4 Mei 2024.

“Juara 1, 2, dan 3 akan mendapatkan uang pembinaan dan tropi dari mereka ini juga nanti akan kita berangkatkan mewakili Kabupaten dan akan mengikuti Festival Isen Mulang di Ibu Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah tanggal 17 – 18 Mei 2024,” kata Ferdinand. (*/J)

Berita Terbaru