Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulang Pisau Apresiasi Peran Guru Cetak Generasi Berkualitas

  • Oleh ANTARA
  • 04 Mei 2024 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, memberikan apresiasi kepada para guru di daerah setempat yang selama ini memiliki peran penting dalam mencetak generasi penerus yang unggul dan berkualitas.

“Keberadaan tenaga pendidik tidak hanya sekadar di kelas saja, tetapi harus bisa menjadi pembimbing, teladan, dan sahabat bagi siswa-siswi kita,” kata Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani di Pulang Pisau, Jumat, 3 Mei 2024.

Ia mengungkapkan peringatan Hari Pendidikan Nasional bukan sekadar momentum untuk memperingati lahirnya Ki Hadjar Dewantara, namun untuk merefleksi atas perjalanan pendidikan di Indonesia yang memiliki korelasi visi membangun generasi yang cerdas, berakhlak dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.

Momentum ini, kata dia, bisa dijadikan sarana untuk silaturahim dengan para pendidik dan tenaga pendidik yang sudah menjadi tulang punggung dalam membangun masa depan pendidikan yang lebih baik.

"Peran serta dedikasi dari tenaga pendidik tentunya akan menjadi cahaya harapan bagi anak-anak didik kita," kata dia.

Nunu menjelaskan salah satu cara untuk menjaga kualitas pendidikan tentunya perlu adanya kolaborasi dan sinergi antarsemua pihak terkait, seperti meningkatkan kembali komunikasi terbuka dengan membangun kerja sama yang lebih erat antara sekolah, orang tua, komunitas dan pemerintah daerah.

"Dengan terbangunnya sinergisitas serta komunikasi terbuka itu bertujuan agar bisa terwujudnya pendidikan di Kabupaten Pulang Pisau yang inklusif, merata, dan berkualitas bagi semua anak bangsa," kata dia.

Dia mengingatkan kembali amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim pada Hari Pendidikan Nasional yang mengusung tema tentang bergerak bersama lanjutkan merdeka belajar bertujuan bahwa merdeka belajar untuk merubah dari yang sudah baik menjadi lebih baik lagi".

Untuk mentransformasi sebuah sistem pembelajaran tentunya perlu proses dan perjuangan dalam melanjutkan Kurikulum Merdeka Belajar dengan kemajuan teknologi.

"Pola ini membuat cara untuk melakukan pembelajaran secara online atau daring dengan memanfaatkan teknologi," demikian Nunu Andriani.

Berita Terbaru