Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekspor Kalteng Masih Didominasi Golongan Barang Batu Bara dan Minyak Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Maret 2024 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komoditas utama ekspor Kalimantan Tengah selama Januari 2024 menurut Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalteng, Eko Marsoro ialah batu bara dan minyak kelapa sawit.

"Batu bara pada kelompok bahan bakar mineral, kemudian minyak kelapa sawit pada kelompok lemak dan minyak hewani/nabati, serta bijih zirkonium pada bijih, kerak, dan abu logam menjadi komoditas utama ekspor Kalteng pada golongan barang," kata Eko pada Kamis, 28 Maret 2024, menyampaikan data statistik terbaru.

Dibanding bulan sebelumnya, lanjut Eko, terjadi peningkatan dan penurunan nilai ekspor pada sejumlah kelompok komoditas.

"Peningkatan terbesar terjadi pada kelompok karet dan barang dari karet sebesar US$0,40 juta atau naik 37,38 persen dan kelompok pakaian jadi bukan rajutan sebesar U$0,40 juta atau 1000 persen," katanya lagi.

Sebaliknya, kata Eko, penurunan terbesar terjadi pada kelompok bahan bakar mineral sebesar US$127,50 juta atau turun 28,90 persen.

"Jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, sejumlah golongan barang mengalami penurunan nilai ekspor yang cukup tinggi pada Januari 2024, kecuali kelompok lemak dan minyak hewani/nabati, kemudian kelompok bijih, kerak, dan abu logam, lalu  kelompok bahan nabati untuk anyam-anyaman, juga kelompok ampas/sisa industri makanan, serta pakaian jadi bukan rajutan.

"Penurunan nilai ekspor year on year terbesar terjadi pada kelompok bahan bakar mineral senilai US$99,75 juta atau turun 24,12 persen," bebernya.

Sementara itu, kelompok lemak dan minyak hewani/nabati mengalami peningkatan nilai ekspor terbesar, senilai US$21,26 juta atau naik 86,35 persen. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru