Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BNPT yakin Peran Intelijen dalam Penanggulangan Terorisme Sangat Vital

  • Oleh ANTARA
  • 25 April 2024 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Direktur Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Pol. Wawan Ridwan meyakini bahwa peran intelijen dalam upaya penanggulangan terorisme sangat vital.

Pasalnya, kata dia, dalam rangka menanggulangi terorisme, diperlukan perspektif intelijen guna mencari, mengolah, dan menyajikan informasi dalam mendukung pengambilan keputusan strategi dalam mengatasi potensi ancaman terorisme yang sedang dan akan dihadapi.

"Terorisme memerlukan perspektif intelijen untuk mencari dan mengolah informasi demi mendukung pengambilan keputusan strategis," kata Wawan dalam kegiatan pelatihan intelijen di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (23/4), seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, semakin banyak informasi yang terkumpul akan menempatkan satuan intelijen dan aparat penegak hukum pada posisi yang lebih kuat untuk membuat suatu prediksi yang tepat.

Pengawasan berbagai individu yang teridentifikasi sebagai terduga pelaku, lanjut dia, akan membantu mencegah aksi terorisme di masa depan.

Oleh karena itu, dirinya merasa kompetensi agen Intelijen menjadi sangat diperlukan dalam pengawasan dan pendeteksi aksi aksi terorisme.


Adapun acara bertajuk Pelatihan Intelijen Bagi Aparatur Pemerintahan Dalam Rangka Penanggulangan Terorisme tersebut diselenggarakan di Metro Hotel Cirebon pada 23-25 April 2024.

Pelatihan terhadap aparatur pemerintah itu diikuti oleh sebanyak 70 orang peserta, yang di antaranya berasal dari Polresta Cirebon, Polres Cirebon Kota, Polres Kuningan, Polres Majalengka, Polres Indramayu, Satuan Tugas Wilayah (Satgaswil) Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror (AT), serta Satuan Tugas (Satgas) Foreign Terroris Fighters (FTF) Densus 88 AT.

Kemudian, Komando Resor Militer (Korem) 063/Sunan Gunung Jati (SGJ), Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon, Badan intelijen Daaerah (BINDA), Imigrasi Cirebon, Badan Narkotika Nasional (BNN), Kejaksaan RI (Kejari) Cirebon, Bea Cukai, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), serta PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero).

ANTARA


TAGS:

Berita Terbaru