Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lomba Bagasing Juga Turut Ramaikan HUT Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 April 2024 - 00:21 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Lomba bagasing merupakan salah satu event yang digelar pada Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun ke-73 Pemerintah Kabupaten Kapuas tahun 2024.

Lomba salah satu permainan tradisional ini telah sukses digelar yang mana diikuti belasan regu, berlangsung di lapangan Bukit Ngalangkang Kota Kuala Kapuas.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olaharag (Disbudparpora) Kapuas Apollonia mengatakan peserta lomba Bagasing putra diikuti sebanyak 17 regu,

Lomba ini merupakan tradisi permainan jaman dulu dimana semangat untuk menjadi juara dan terbaik bagi timnya.

“Jadi, permainan tempo dulu seperti lomba Bagasing perlu kita lestarikan. Sehingga selalu masuk menjadi agenda tahunan pada Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung," katanya, Kamis, 25 April 2024.

Sementara itu, Erni Yulianti selaku Pamong Budaya Kapuas menambahkan bahwa Bagasing atau yang dikenal sebagai "Habayang" meruapakan salah satu permainan tradisional di Kalteng. "Habayang merupakan tradisi budaya orang Kalteng khususnya orang dayak," ujarnya.

Kegiatan ini menjadi event tahunan pada Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung di mana habayang ini merupakan sebuah tradisi yang permainannya dilakukan oleh tiga orang. 

"Menggunakan kayu ulin dibentuk berupa segitiga dan dapat berputar seperti gasing. Dalam permainan ini gasing tersebut dilakukan pelemparan, jika musuh itu dapat terus bertahan (berputar) ketika diadu atau dilempar gasing lawannya maka itulah yang jadi pemenang," jelasnya. (DODI/R)


TAGS:

Berita Terbaru