Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Gelar Rakor Optimalisasi Lahan Rawa

  • Oleh Ramadani
  • 29 April 2024 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Optimalisasi Lahan Rawa, Pompanisasi dan Pertambahan Areal Tanam (PAT) padi tahun 2024 di aula Setda lantai I, Senin, 29 April 2024.

Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis melalui Asisten Sekda Eveready Noor mengatakan, tujuan dari pertambahan areal tanah adalah untuk memperluas produksi padi. Hal ini juga berguna untuk memenuhi kebutuhan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani. 

"Peningkatan areal tanam juga dapat mendukung diversifikasi mata pencaharian petani dan mengurangi tekanan terhadap lahan pertanian yang sudah ada,” kata dia.

Asisten Sekda juga menyampaikan terkait dengan optimalisasi lahan rawa, pompanisasi dan pertambahan areal tanam khususnya di Kabupaten Barito Utara, yaitu memohon dukungan dan bimbingan kepada Direktur Perlindungan Perkebunan Direktorat Jendral Perkebunan Kementerian Pertanian RI, agar Pemkab Barito Utara mampu mengoptimalkan lahan rawa yang ada untuk pertambahan areal tanam padi.

“Sehingga Kabupaten Barito Utara mampu memproduksi dan kami mengharapkan swasembada pangan padi, karena Kabupaten Barito Utara salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah menjadi salah satu penopang ibukota nusantara (IKN),” kata Eveready Noor.

Dia juga meminta Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara agar membantu para petani untuk memperhatikan proses pompanisasi atau pengaturan tingkat ketinggian air tanah di lahan pertanian, terutama di lahan rawa, menggunakan sistem pompa air. 

“Tujuan utama pompanisasi adalah untuk mengontrol kadar air di lahan sehingga dapat memfasilitasi pertumbuhan tanaman dengan optimal. Dengan sistem pompa yang efisien, petani dapat mengatur ketinggian air sesuai kebutuhan tanaman, mencegah kebanjiran atau kekeringan, dan meningkatkan produktivitas pertanian,” imbuhnya. (RAMADHANI/Y)

Berita Terbaru