Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Semua Pihak Berkomitmen Menciptakan Investasi Sehat di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 02 Mei 2024 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Lohing Simon meminta kepada semua pihak baik pemda, perusahaan maupun masyarakat berkomitmen untuk menciptakan investasi sehat di Kalimantan Tengah.

Ia mengatakan, investasi yang sehat yakni investasi yang memperhatikan berbagai persoalan seperti halnya aspek sosial, lingkungan, ekonomi, pemberdayaan, serta memegang asas saling menguntungkan.

"Komitmen semua pihak dalam menciptakan investasi sehat di Kalteng ini sangat kita harapkan, terlebih lagi yang jauh dari berbagai persoalan salah satunya yaitu konflik," ucapnya, Kamis, 2 Mei 2024.

Lohing mengingatkan bahwa dalam upaya menciptakan investasi yang sehat tentu kuncinya yakni ada dipihak investor atau pemilik perusahaan, apabila perusahaan selalu taat akan aturan maka itu bisa terwujud.

"Perusahaan taat aturan itu kunci dalam menciptakan investasi sehat. Misalnya perusahaan perkebunan sawit, ada yang namanya plasma, itu merupakan hak masyarakat yang harus direalisasi," ujarnya.

Sementara itu, peran masyarakat juga tidak kalah penting terlebih ketika ada persoalan-persoalan mengenai hak yang tidak dipenuhi, dalam upaya penyelesaiannya harus mengedepankan musyawarah dan mufakat.

"Di sini juga perlunya peran aktif pemda sebagai mediator dalam penyelesaian persoalan antara masyarakat dan perusahaan jika itu terjadi. Artinya, harus ada sinergi dalam menjaga investasi sehat di provinsi ini," tutupnya. (DONNY D/R)


TAGS:

Berita Terbaru