Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TK. Sumbermas Sarana Kenambui dan TK Sumbermas Sarana Sulung dan Selangkun Ikuti Pameran Pendidikan di Kantor Disdikbud Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 02 Mei 2024 - 15:21 WIB

BORNEONEWS,  Pangkalan Bun - Dalam pameran pendidikan yang digelar di Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Barat  ada 2 sekolah TK binaan Abdul Rasyid Foundation (ARF) yaitu TK. Sumbermas Sarana Kenambui dan TK. Sumbermas Sarana Selangkun  juga turut serta dalam kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis, 2 Mei 2024.

Saat ditemui di lokasi kegiatan pameran Kepala Sekolah TK. Sumbermas Sarana Kenambui Siti Rohmah menjelaskan apa saja yang ditampilkan mereka dalam pameran tersebut.

"Hari ini kami menampilkan produk pengolahan makanan ternak dari limbah sawit (makanan tambahan) Bahan bakunya yaitu Solid, bungkil, onggok, sari tebu, gandum, garam, urea dan dolomit. Bahan tersebut kemudian dibuat menjadi konsentrat makanan sapi," jelas Siti Rohmah.

Pembuatan makanan tambahan bagi sapi tersebut dilakukan oleh anak-anak dalam Proyek pengawatan  Profil Pelajar Pancasila (P5) oleh peserta didik TK Sumbermas Sarana Kenambui.

"Ide ini dilakukan pasca kunjungan belajar anak-anak kami ke Sulung Ranch. Ditempat tersebut kami mendapatkan penjelasan bahwa selain makanan utama ternak sapi berupa rumput, untuk memenuhi kebutuhan gizi, ternak tersebut juga diberi makanan tambahan berupa konsentrat," jelasnya.

Menurut Siti Rohmah, konsentrat makanan sapi ini juga mampu membawa sekolahnya untuk meraih penghargaan di tingkat provinsi Kalteng.

"Karena dalam ajang P5 tingkat Provinsi Kalteng  yang dilaksanakan bulan Desember 2023, kami mendapatkan juara 3 best practice kepsek TK Se-Kalteng. Bahkan waktu itu Kabupaten Kobar juga meraih juara umum," jelasnya.

Di tempat yang sama, TK. Sumbermas Sarana Selangkun juga menampilkan berbagai produk unggulan yang dibuat oleh murid TK tersebut dalam P5.

"Hari ini kami menampilkan kerajinan dari lidi sawit, minyak lala, peyek kacang hijau dan bayam. Semua produk tersebut dibuat oleh murid TK dalam proyek P5," jelas Kepala Sekolah TK. Sumbermas Sarana Selangkun Erni Latifah.

Menurut Erni Latifah sesuai tujuan P5  yaitu aktivitas bermain bermakna yang harapannya dapat memberikan dampak pengembangan karakter dan berbagai kompetensi anak. 

"Sehingga saat bermain, anak berkesempatan belajar melalui pengalaman langsung, maka kami ajarkan mereka membuat minyak lala atau minyak VCO dari buah kelapa. Selain itu banyaknya sisa pelepah dan daun sawit, maka anak-anak kami ajarkan untuk membuat kerajinan dari lidi sawit. Kemudian untuk membuat anak-anak menjadi suka makan sayur, maka sebagai stimulan kami buat produk cemilan yaitu peyek dari kacang hijau dan bayam," jelas Erni Latifah. (WAHYU KRIDA/R)


TAGS:

Berita Terbaru