Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Matabu Budidaya Itik Petelur untuk Ketahanan Pangan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 Mei 2024 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Desa Matabu, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur mengembangkan budidaya itik petelur dalam program ketahanan pangan desa.

"Ini merupakan salah satu program untuk ketahanan pangan tahun 2024 ini, ada 400 itik petelur yang kami pelihara," ungkap Kades Matabu Juni Setiawan, Kamis 2 Mei 2024. 

Dia menjelaskan, itik sebanyak itu dibeli dengan anggaran Rp52,8 juta. Sedangkan untuk kebutuhan pakan dan tempat makan dan minum itik, Pemdes Matabu membelanjakan anggaran sebesar Rp30 juta. 

"Semua untuk usaha pengembangan itik petelur itu dari pencairan program ketahanan pangan dana desa (DD) tahap I tahun 2024," jelasnya.

Selain beternak itik petelur, untuk program ketahanan pangan tersebut Pemdes Matabu juga sedang membuka lahan yang akan ditanami tanaman hortikultura.

Kades Matabu berharap program ketahanan pangan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan pokok pangan di Desa yang dipimpinnya sekaligus menjadi percontohan bagi warga setempat.

"Kami berharap nanti program ketahanan pangan ini menginspirasi warga untuk mengembangkan usaha di bidang pertanian dan peternakan," katanya. (BOLE MALO/j)

Berita Terbaru