Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tuntut Realisasi Plasma PT BAP, Warga Desa Selunuk Gelar Demo

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 02 Mei 2024 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Ratusan warga menggelar aksi  demo menuntut PT Binasawit Abadi Pratama (PT BAP) anak dari perusahaan Sinar Mas Gruop agar segera merealisasikan plasma 20 persen untuk warga Desa Selunuk, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan.

Kamarudin selaku koordinator aksi demo mengatakan, pihaknya tetap menuntut pihak perusahaan PT BAP untuk segera merealisasikan  kewajiban 20 persen plasma dari luasan kebun inti.

"Di sini kami warga Desa Selunuk intinya mengadakan aksi dan tuntutan kepada pihak PT BAP atau Sinar Mas Grup agar segera merealisasikan plasma 20 persen," katanya, Kamis, 2 Mei 2024,

Ia mengatakan, pada Tanggal 7 dan 8 Mei akan diadakan pertemuan kembali di Aula Kantor Desa terkait penentuan atau realisasinya .

"Di sini pun pihak perusahaan menjamin akan memberikan plasma 20 persen kepada masyarakat Desa Selunuk," tambahnya.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Selunuk, Elyas Teguh Harianto menambahkan, sebenarnya ada tawaran dari PT BAP untuk warga Selunuk selain plasma 20 persen yaitu berupa Kredit Usaha Produkti (KUP) tetapi warga menolak tawaran tersebut.

 "Dari apa yang ditawarkan pihak perusahaan tersebut ditolak oleh warga dengan alasan sangat tidak menguntungkan bagi masyarakat dan kemungkinan gagal cukup besar. Berbeda dengan plasma yang mana nantinya bisa dinikmati sampai anak cucu," jelasnya.

 Setelah dilakukan mediasi di lapangan antara beberapa perwakilan masyarakat dengan pihak perusahaan yang difasilitasi oleh perwakilan Pemerintah  Daerah dan Personil Polres Seruyan menyepakati 6 (enam) poin yang dituangkan di dalam berita acara diantaranya, 

 1. Pihak PT BAP dan masyarakat Desa Selunuk bersama sama sepakat mengikuti regulasi yang berlaku tentang penyelesaian tuntutan fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat Sekitar (FPKMS) 20 persen  yang berada di area kensesi perijinan PT BAP.

2. PT BAP bersedia merealisasikan plasma 20 persen  untuk warga Desa Selunuk mengacu pada poin pertama.

Berita Terbaru