Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Pematang Karau Apresiasi Pemberian Makanan Tambahan dari TP-PKK

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 Mei 2024 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Camat Pematang Karau Setia Murni mengapresiasi perhatian TP-PKK Kabupaten Barito Timur terhadap masyarakat di wilayah yang dipimpinnya melalui pemberian makanan tambahan (PMT).

"Mudah-mudahan PMT itu bisa menekan angka stunting yang ada di Kecamatan Pematang Karau," ujarnya, Kamis, 9 Mei 2024.

Setia Murni menjelaskan, dalam upaya menekan angka stunting di wilayah Pematang Karau, pihaknya bersama UPT Puskesmas Bambulung melaksanakan revitalisasi posyandu untuk mensinergikan peran dengan pemerintah desa yang telah menganggarkan dana yang cukup besar untuk percepatan penurunan stunting.

"Sementara untuk pelaksanaan di lapangan juga didampingi secara intens, baik dari PKK maupun tenaga kesehatan," lanjutnya.

Setia Murni mengungkapkan, pihaknya juga bersama pihak terkait melakukan inventarisasi permasalahan dan pemecahan, terus memperbaharui data sasaran agar serta melakukan evaluasi secara berkala agar tepat sasaran.

"Saat ini bagaimana kita merangkul masyarakat agar aktif datang ke posyandu, baik balita, ibu hamil, lansia dan posbindo yang terlibat secara aktif di posyandu yang hanya satu kali dalam sebulan, jangan sampai masyarakat yang anaknya berisiko stunting menjadi minder dan merasa malu sehingga mereka tidak datang ke posyandu. Untuk itu kita harus merangkulnya dan itu menjadi peran kita bersama," paparnya.

Menurut Setia Murni, peran aktif dan sinergitas pemerintah kecamatan, pemerintah desa, PKK, dan perangkat daerah terkait sangat diperlukan untuk mensukseskan program dalam penurunan angka stunting itu. 

"Begitu pula dengan posyandu itu sendiri, dukungan anggaran serta peningkatan kapasitas kepala desa juga perlu diperhatikan. Untuk itu, bersama-sama harus mencermati program apa saja yang bisa mengurangi resiko stunting di desa," lanjutnya. 

Camat Pematang Karau berharap program ini bisa berjalan baik dengan kerjasama semua pemangku kepentingan sehingga masyarakat terutama ibu hamil dan balita mendapatkan pelayanan posyandu. (BOLE MALO/Y)

Berita Terbaru