Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkuat Daya Saing Produk Dalam Negeri

  • Oleh Donny Damara
  • 20 April 2024 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Ina Prayawati meminta khususnya kepada Pemerintah Pusat untuk dapat memperkuat daya saing produk dalam negeri terutama yang berkaitan dengan elektronik.

Menurut Ina, produk dalam negeri yang berkaitan dengan elektronika sebenarnya sangat menjanjikan, namun terkadang kalah bersaing dengan produk-produk impor yang datangkan dari luar negeri.

"Dalam upaya memperkuat daya saing produk dalam negeri ini, tentu pemerintah harus membatasi impor produk elektronik dari luar negeri misalnya AC, kulkas, TV, setrika, dan sebagainya," katanya, Sabtu, 20 April 2024.

Selain itu, pemerintah juga harus dapat memperkuat daya saing produk dalam negeri terutama di pasar e-commerce dengan menguatkan standarisasi produk baik standar nasional maupun global.

"Itu penting dilakukan agar produk dalam negeri kita bisa berasaing dan dipercaya bahwa semuanya terjamin dari segi kualitas, sebab e-commerce ini sering kali menjadi pintu masuk produk luar negeri," jelasnya.

Di sisi lain, dalam mendukung pengembangan produk dalam negeri pemerintah juga perlu mandiri dalam menyediakan bahan baku atau bahan penolong di industri elektronika, sebab selama ini bahan baku banyak juga yang diimpor.

"Jadi itu harus benar-benar dipikirkan secara matang, kita tentu berharap Indonesia ini mampu mandiri dari segala hal, dan setiap daerah memiliki potensi dibangun industri salah satunya di Kalteng," tutupnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru