Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bikin Stiker WhatsApp Wajah Turut Berduka Cita, Tiga Remaja Dibina Polda Kalteng

  • Oleh Pathur Rahman
  • 20 April 2024 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tiga remaja warga Palangka Raya, SG (18), VT (18), dan YZ (18), mendapat pembinaan dan mediasi dari Tim Virtual Police Bidhumas Polda Kalteng setelah membuat sticker WhatsApp kontroversial dari foto seorang teman mereka yang seolah-olah telah meninggal dunia.

Kejadian ini terungkap setelah YZ, salah satu korban pembuatan sticker tersebut, mengungkapkan keberatannya kepada Ipda Shamsudin atau akrab disapa Cak Sam, Ketua Tim Virtual Police Bidhumas Polda Kalteng.

Foto YZ yang sedang tidur terlentang diedit dan dijadikan sticker dengan tampilan seolah-olah orang yang sedang berada di dalam peti mati, lengkap dengan tulisan Turut Berduka Cita. 

"Setelah memperoleh bukti, saya memanggil VT, yang bertanggung jawab mengedit foto, dan SG, yang membuat dan menyebarkan sticker tersebut ke grup WhatsApp," katanya, Sabtu, 20 April 2024.

VT dan SG mengakui perbuatannya saat dikonfirmasi oleh Cak Sam. Mereka mengakui bahwa mereka berdua yang terlibat dalam mengedit dan membuat sticker tersebut.

Namun, VT juga mengungkapkan bahwa YZ juga membalas dengan membuat sticker dari foto wajah VT yang diedit dalam Buku Yasin, seolah-olah VT juga telah meninggal.

Cak Sam memberikan pembinaan dan edukasi kepada ketiganya mengenai pentingnya bermedia sosial dengan bijak dan tidak melanggar hukum. Mereka diberi pemahaman tentang dampak negatif dari tindakan mereka dan diharapkan agar tidak mengulangi kesalahan tersebut.

"Akhirnya, ketiga remaja tersebut menyadari kesalahan mereka dan saling memaafkan. Mereka berjanji untuk tidak melakukan tindakan serupa di masa mendatang," pungkasnya. (PATHUR/j)

Berita Terbaru