Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harus Ada Solusi dari Pemkab Terkait Penerbangan di Kotim yang Kurang Diminati

  • Oleh Donny Damara
  • 22 April 2024 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kurangnya minat masyarakat untuk melakukan penerbangan melalui bandara di Kotim menjadi suatu hal yang tentu kurang masuk akal.

Padahal, Kotim sendiri memiliki jumlah penduduk yang tergolong besar dan para pengusaha pun banyak terutama perkebunan sawit, sehingga sangat mengherankan jika minat penerbangan sangat minim.

Menanggapi hal ini Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng Sudarsono menyarankan agar Pemkab Kotim mencarikan solusi terbaik untuk meningkatkan minat masyarakat melakukan penerbangan melalui bandara di daerah itu.

"Secara teknis kita belum mengetahui terkait kurangnya minat masyarakat melakukan penerbangan melalui bandara di Kotim, tapi jika benar itu perlu ada solusi dari pemkab setempat," katanya, Senin, 22 April 2024.

Selain itu, pemkab juga perlu mencari tahu penyebab kurangnya minat masyarakat, apakah terkait kendala teknis, mahalnya harga tiket dan lain-lain, sehingga perlu dibicaran dengan pihak maskapai yang ada.

"Untuk mencari solusi harus ada pembicaraan dengan pihak maskapai apa ada hal teknis yang membuat kurang minat itu misal dari segi bandaranya, penumpang, tiket mahal, atau perlu menambah frekuensi penerbangan," ujarnya.

Kemudian, apabila memang diketahui akar masalah dari kurangnya minat masyarakat tersebut maka, pemda dan pihak maskapai perlu memberikan solusi, misalnya pemda memberikan subisidi harga tiket.

"Jika memang misalnya kendala di harga tiket, perlu disubsidi. Ya, meskipun sedikit setidaknya itu bisa menarik minat masyarakat, dan apabila memang terkait teknis lainnya harus dilakukan perbaikan," tandasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru