Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Sakit Rujukan untuk Wilayah DAS Barito Perlu Dibangun

  • Oleh Donny Damara
  • 23 April 2024 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi mengatakan rumah sakit rujukan tipe B untuk wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito perlu dibangun.

Menurut Siswandi, hal ini sebagai upaya pemerataan perhatian terhadap sektor kesehatan di Kalteng, sebab saat ini wilayah tengah dan barat sudah memiliki rumah sakit rujukan tersendiri.

"Dengan dibangunnya rumah sakit tipe B di Hanau Kabupaten Seruyan maka wilayah barat sudah memiliki rumah sakit rujukan, di wilayah tengah ada RSUD Doris Sylvanus, tinggal hanya wilayah timur yang belum yakni DAS Barito," katanya, Selasa, 23 April 2024.

Legislator asal Dapil Kalteng IV meliputi DAS Barito ini mengungkapkan, terkait hal itu pihaknya pernah mengusukan terkait pembangunan rumah sakit rujukan di wilayah DAS Barito.

Akan tetapi lanjutnya, kemungkinan terkendala anggaran dari Pemprov Kalteng akhirnya rumah sakit di Muara Teweh sementera ini atau jangka pendek dijadikan sebagai rumah sakit rujukan untuk wilayah DAS Barito.


"Namun kita minta agar rumah sakit di Muara Teweh ini kelasnya dinaikan dan sarana prasarana, tenaga medis hingga fasilitas pendukung supaya diperhatikan atau ditambah sehingga memadai," ujarnya.

Di sisi lain, untuk jangka panjang pembangunan rumah sakit rujukan tipe B di wilayah DAS Barito kedepan harus jadi prioritas, terlebih lagi DAS Barito berdekatan dengan Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia di Provinsi Kaltim.

"Terlepas dari itu, kita juga meminta agar sektor kesehatan terutama untuk wilayah pelosok di DAS Barito agar juga diperhatikan seperti sebaran tenaga kesehatan harus merata serta peningkatan sarana prasarana yang ada," pungkasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru