Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bappedalitbang dan DPKP Survei Lahan LP2B di Rakumpit

  • Oleh Hendri
  • 25 April 2024 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim dari Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) melakukan survei persediaan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) di Kelurahan Pager dan Petuk Bukit, Kecamatan Rakumpit.

LP2B merupakan bidang lahan yang ditetapkan untuk dilindungi dan dikembangkan secara konsisten guna menghasilkan pangan pokok bagi kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.

Kepala Bappedalitbang Kota Palangka Raya, Fauzi Rahman menjelaskan, survei ini untuk mendata dan memastikan ketersediaan lahan pertanian pangan yang berkelanjutan di wilayah tersebut.

"Kami bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan melakukan survei untuk mengetahui kondisi terkini lahan LP2B di Kelurahan Pager dan Petuk Bukit. Hal ini penting untuk menjaga ketersediaan lahan pertanian pangan yang berkelanjutan," katanya, Kamis, 25 April 2024.

Sementara itu, Kepala DPKP, Sugiyanto menyatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya menjaga dan mengembangkan lahan LP2B di wilayah tersebut.


"Kami akan melakukan pendataan dan pemetaan lahan LP2B secara berkala. Selain itu, kami juga akan melakukan pembinaan dan pendampingan kepada petani agar dapat memanfaatkan lahan LP2B secara optimal dan berkelanjutan," jelasnya.

Kegiatan survei lahan LP2B di Kelurahan Pager dan Petuk Bukit, Kecamatan Rakumpit, merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Palangka Raya dalam menjaga ketahanan pangan daerah.

Dengan terjaganya lahan pertanian pangan yang berkelanjutan, diharapkan dapat mendukung kemandirian dan kedaulatan pangan. (HENDRI/Y)

Berita Terbaru