Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seleksi Akhir Paskibraka Kobar Diikuti 76 Pelajar SMA/SMK

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 25 April 2024 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Edie Faganti mengatakan, 76 pelajar SMA/SMK sederajat kembali mengikuti tahap akhir seleksi kepribadian pada Rabu, 24 April 2024 lalu.

"Seleksi pepribadian ini adalah tahapan seleksi ke-8 yang akan menentukan para calon paskibraka tingkat kabupaten, sekaligus nantinya dapat terpilih untuk mengikuti seleksi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan Nasional tahun 2024," ujarnya, Kamis, 25 April 2024.

Proses seleksi dilakukan di Kantor Kesbangpol Kobar dengan melibatkan unsur dari TNI dan Polri, Dinas Kesehatan dan Purna Paskibraka yang dilaksanakan secara bertahap sesuai arahan dari Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP).

"Tahap pertama dimulai dari seleksi administrasi, seleksi pancasila dan wawasan kebangsaan, seleksi intelensia umum, seleksi kesehatan, seleksi parade, seleksi peraturan baris-berbaris dan kesamaptaan," ungkap Edie.

"Dan tahap akhir ini adalah tahap seleksi kepribadian yaitu psikotes, wawancara, penelusuran minat, bakat, dan rekam jejak di media sosial," lanjutnya.

Kemudian, Edie juga menyampaikan, bahwa Paskibraka adalah program yang bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda yang mandiri, tangguh, dan mempunyai rasa cinta tanah air Indonesia.

"Menanamkan nilai Pancasila, kebangsaan, persatuan, dan kesatuan, cinta tanah air serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tukasnya.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 bertuliskan, bahwa pembentukan Paskibraka dengan memberikan pembelajaran ideologi Pancasila, wawasan kebangsaan, pelatihan kepemimpinan dan baris-berbaris. (NURITA/Y)

Berita Terbaru