Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Miris, Ada yang Sengaja Buang Sampah di Jembatan Sungai Mentawa

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 25 April 2024 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Miris, ada warga yang sengaja membuang sampah di jembatan Sungai Mentawa, Jalan Kapten Mulyono, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Pemandangan kantong plastik penuh sampah yang jatuh setiap pagi di sekitar jembatan Sungai Mentawa sudah bukan hal baru lagi. Bahkan dengan mudah dijumpai tersangkut pada besi penopang jembatan.

"Saya kurang tau siapa yang membuangnya, tetapi memang setiap pagi ada saja sampah di situ. Tidak hanya di jembatan, tapi juga di tepi jalan sebelum jembatan pasti ada kantong sampah tergeletak," kata Maryamah warga sekitar. 

Dahulu, di samping jembatan yang kerap disebut jembatan patah itu memang menjadi lokasi yang disiapkan untuk membuang sampah sementara. Namun, sudah lama ditiadakan sejak camat sebelumnya Eddy Hidayat Setiadi menyosialisasikan hukum adat bagi pembuang sampah sembarangan.

"Kalau kita melihat sampah-sampah tersangkut di jembatan itu berarti memang sengaja dibuang ke sungai," ujar Maryamah.

Selain sampah tersangkut di jembatan, terlihat pula sampah tersangkut di pohon dan rumput-rumput yang tumbuh di sungai. Tampak pula karung berisi sampah berada di tengah rimbunnya rumput Sungai Mentawa. 

Padahal membuang sampah sembarangan termasuk di sungai bukan hal yang baik. Selain mengganggu pemandangan, juga dapat menghambat aliran air dan menyebabkan banjir.

Bahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim sedang gencar membersihkan drainase dan normalisasi sungai untuk mewujudkan wilayah perkotaan bebas banjir.

Sungai Mentawa pernah menjadi sasaran gotong royong pemerintah daerah mulai dari Jalan HM Arsyad hingga muara.

Semestinya upaya tersebut harus diiringi kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan khususnya di sungai. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru