Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Evaluasi Realisasi Anggaran

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 25 April 2024 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan evaluasi realisasi anggaran.

Langkah ini dilakukan melalui rapat koordinasi (rakor) Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) Pemprov Kalteng dan kabupaten kota.

"Rakor ini ajang melakukan pelaporan dan pemantauan realisasi belanja daerah," kata Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko di Aula Bahalap Hotel, Kamis, 25 April 2024.

Selain itu, rakor Tepra dilaksnakan untuk menentukan langkah trategis dalam penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tingkat provinsi dan kota Kalteng.

Adapun pembentukan Tepra berdasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 Tahun 2015 tentang Tepra Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Tim ini bertugas memfasilitasi penyelesaian terhadap hambatan-hambatan yang terjadi dalam realisasi anggaran dan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Tepra diharapkan dapat menjadi alat guna mempercepat penyerapan anggaran, dan memastikan APBN/APBD tepat sasaran sesuai dengan perencanaan yang tertuang dalam dokumen perencanaan pembangunan nasional.

Selain itu, TEPRA diharapkan dapat meminimalisir masalah dan hambatan yang menghambat penyerapan anggaran di kementerian/lembaga/pemerintah daerah. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru