Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lomba Lawang Sakepeng Turut Meriahkan HUT Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 April 2024 - 16:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Lomba Lawang Sakepeng turut memeriahkan rangkaian memeriahkan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun ke-73 Pemerintah Kabupaten Kapuas tahun 2024.

Bertempat di lapangan Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas, lomba yang diikuti puluhan regu tersebut berlangsung dengan meriah.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olaharag (Disbudparpora) Kapuas Apollonia mengatakan, peserta lomba Lawang Sakepeng berjumlah 35 regu.

"Terdiri dari putra 25 regu dan putri 10 regu. Sudah berlangsung kegiatannya berjalan dengan baik," katanya, Kamis, 25 April 2024.

Lebih lanjut, dia menjelaskan untuk lomba lawang sakepeng sendiri merupakan tradisi budaya dalam rangka penyambutan tamu/gerbang dalam acara perkawinan adat bagi orang Dayak Ngaju.

“Dalam lomba Lawang Sakepeng ini para pemain harus dapat memutuskan benang, sehingga tamu-tamu undangan bisa masuk ke dalam acara perkawinan tersebut,” ujarnya.

Salah satu Tokoh Silat Dayak, Deni menambahkan bahwa lawang sakepeng ini adalah salah satu warisan yang sampai saat ini warisan adat bagi pertahanan, khususnya dari pendekar silat dayak ini sampai sekarang dilestarikan.

"Khususnya diadakan saat kegiatan hari jadi ini dilombakan karena untuk generasi muda sangat penting, sebab sarat akan filsafat dan pembentukan mental," ucapnya. (DODI/j)

Berita Terbaru