Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Gelar Peringatan Hari Otonomi Daerah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 25 April 2024 - 20:35 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten Lamandau menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII. Kegiatan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati setempat itu diikuti ASN lingkup Pemkab Lamandau dan dipimpin Sekda Lamandau, M Irwansyah.

Dalam arahan Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian, yang disampaikan Irwansyah, dikatakan bahwa peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini mengambil tema ‘Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat’.

“Tema ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal,” ungkap Irwansyah pada Kamis, 25 April 2024.

Serta, lanjut dia, mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

“Otonomi daerah merupakan hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem NKRI,” jelasnya.

Berangkat dari prinsip dasar inilah, sambung dia, otonomi daerah dirancang untuk mencapai 2 tujuan utama termasuk di antaranya tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi.

“Dari segi tujuan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif, efisien dan ekonomis melalui berbagai inovasi kebijakan pemerintahan yang menekankan kepada kekhasan daerah yang bersangkutan,” bebernya.

Sementara, kata dia lagi, dari segi tujuan demokrasi, kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau civil society.

“Peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan kualitas pelayanan publik akan berdampak pada peningkatan partisipasi politik dan iklim politik yang kondusif dan demikian pula sebaliknya,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/j)

Berita Terbaru