Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penuhi Stok Darah di RSUD Lamandau, Karyawan Perusahaan Donor Darah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 25 April 2024 - 22:25 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sekurangnya 80 karyawan PT Gemareksa Mekarsari (GMR) dan PT Satria Hupasarana (SHS) mendonorkan darahnya. Donor darah yang menjadi bagian dari kegiatan Halal Bihalal Hari Raya Idul Fitri dan Peringatan Hari Kartini itu, digelar di Ruang Meeting PKS PT GMR, Kamis, 25 April 2024.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB tersebut dibantu oleh TIM PMI Kabupaten Lamandau. Puluhan karyawan yang mendonorkan darahnya tersebut, terdiri dari security, karyawan kantor, karyawan pabrik hingga driver.

Kegiatan donor darah ini terinisiasi saat kunjungan GM Plantation GM Plantation PT Gemareksa Mekarsari dan PT Satria Hupasarana Asep Jajuli ke UTD RSUD Lamandau. Setelah berkomunikasi dengan petugas UTD saat mendonorkan darahnya, Asep pun mengetahui bahwa stock darah di UTD RS Lamandau menipis untuk beberapa golongan darah, bahkan untuk golongan darah A posisi stock kosong.

Tergerak dengan kondisi ini, lanjut Asep, maka dilakukan kegiatan donor darah yang saat ini dilaksanakan.

“Kebiasaan mendonorkan darah ternyata memiliki segudang manfaat. Selain membantu saudara-saudari kita yang membutuhkan darah, anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah,” terang Asep.

Dia mengatakan, kegiatan donor darah ini bakal digelar secara berkala. Rencananya akan rutin dilaksanakan setiap 3 bulan sekali.

Sementara itu, salah seorang pengurus PMI Lamandau, dr Norbeth mengapresiasi kegiatan donor darah yang digelar PT GMR-PT SHS. Apalagi, berencana untuk digelar secara berkala dan berkelanjutan. Sehingga, diharapkan stok darah di UTD RSUD Lamandau tidak kekurangan dan bisa digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan.

Dia pun mengimbau untuk masyarakat, maupun karyawan perusahaan lainnya agar bisa menjadwalkan secara rutin dalam mendonorkan darahnya.

“Terima kasih untuk karyawan dan jajaran menejemen PT GMR dan PT SHS yang menggelar kegiatan donor darah ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/j)

Berita Terbaru